Berita  

Kapolda Maluku dan Pangdam Pattimura Tinjau Pengamanan di Gereja dan Pos Pelayanan

banner 468x60

KABARBETA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, meninjau secara langsung kesiapan pengamanan Ibadah Natal di sejumlah Gereja di kota Ambon, Minggu (24/12/2023).

Dua Gereja yang ditinjau yaitu Katedral dan Maranatha. Kapolda, Pangdam dan Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, juga mengecek Pos Pengamanan Talake, dan Pos Pelayanan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kapolda mengatakan, proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal 2023 terbagi dalam tiga tim. Tim ini bergerak bersama mengunjungi 16 Pos Pengamanan maupun Pelayanan di Ambon.

“Hari ini Saya dengan Pangdam dan beberapa Forkopimda, ada Danlantamal, Kapolresta, kita melakukan pengecekan ke Pos Pam dan tempat-tempat ibadah khususnya yang besar Gereja Katedral dan Gereja Maranatha,” kata Kapolda.

Pengecekan tersebut, tambah Orang nomor 1 Polda Maluku ini, dilakukan untuk melihat dan memastikan kesiapan pengamanan oleh seluruh personel.

Kapolda juga memberikan apresiasi kepada organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane yang turut membantu berjaga-jaga di depan Gereja. Ia berharap hal tersebut dapat menjadi semangat yang baik dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Kita sangat mengapresiasi bahwa dari lintas agama juga melakukan pengamanan di Gereja Maranata ini, mudah-mudahan menjadi semangat yang baiklah untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar sesama,” harapnya.

Irjen Latif juga berharap perayaan Natal dan Tahun Baru khususnya di Ambon serta Maluku pada umumnya dapat berjalan aman, nyaman dan membawa kedamaian.

“Tadi penjelasan dari bapak Jhon (Pendeta) bahwa Gereja dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan masyarakat juga cukup antusias dibanding dengan tahun sebelumnya yang masih ada covid,” ujarnya.

Kapolda juga berharap semua elemen masyarakat dapat ikut menjaga situasi kamtibmas pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kita tadi sudah sama-sama dengan Kapolda, Danlantamal dan teman-teman Polri yang ada, kita ingin meyakinkan bahwa pengamanan Natal ini bisa berjalan dengan baik,” kata Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial menambahkan.

TNI, lanjut Pangdam, akan selalu mendukung pengamanan yang dilakukan Polda Maluku. “Dan Saya harapkan saudara-saudara kita yang beragama Kristen dapat melaksanakan ibadah Natal dengan nyaman dan damai,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda dan Pangdam juga bersama-sama mengucapkan selamat Natal 2023 kepada umat Kristen dan Tahun Baru 2024 kepada seluruh masyarakat Maluku.

Untuk diketahui, dalam proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal, Polda Maluku membagikan tiga tim. Tim pertama dipimpin langsung oleh Kapolda.

Sementara untuk tim kedua dipimpin oleh Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Tim kedua meninjau Pos PAM Air Salobar, Tempat Putar Angkot Kudamati dan Pos PAM Jembatan Merah Putih (JMP) Galala.

Sedangkan tim ketiga dipimpin Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Pol. Tim ketiga meninjau Pos PAM JMP Poka, Durian Patah dan Pos PAM Passo. (EVA)

Sumber: Info-ambon.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *