Slideshow

WALIKOTA AMBON MINTA KEPALA DESA MANFAATKAN DD DAN ADD

Kabarbeta.com.Ambon–Walikota Ambon mengingatkan seluruh Kepala Desa di Kota Ambon,  untuk menggunakan dan memanfaatkan Dana Desa (DD) serta Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik. Pernyataan ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannnya pada acara Rapat Evaluasi DD dan  ADD Tahun 2017 serta Persiapan Pelaksanaan DD dan ADD Tahun 2018, yang berlangsung di The City Hotel, Rabu (7/2/2018).

Walikota dua periode itu menegaskan, untuk tahun ini,  khusus untuk Kota Ambon,  pemerintah kota Ambon akan  memberikan perhatian serius,  terkait pebggunaan dan pemanfaatan Dana Desa.   Pasalnya, kota Ambon termasuk salah satu kota, dari dua kota di Indonesia yang tidak mampu menyerap DD maupun ADD dengan baik.

Hal ini telah menjadi masalah nasional yang secara khusus disampaikan  langsung oleh Preseiden RI, Joko Widodo dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu.

“Waktu mendengar apa yang disampaikan oleh Presiden,  saya agak syok, bagaimana mungkin Kabupaten Aru, Kabupaten MBD yang begitu sulit jangkauan migrasinya,  bisa menyerap seluruh DD dengan baik” ungkap Richard.

“Saya secara pribadi ragu, mana mungkin kabupaten lain seperti MTB, MBD,  yang begitu sulit jangkauannya, mengalahkan kita  yang dari ssegi komunikasinya saja, kita lebih unggul. Bahkan  penyerapannya pun tidak sampai 40 persen,” kesal Richard.

Menurutnya, kendala dalam penyerapan DD dan ADD,  ada pada laporan pertanggung jawaban dan pemanfaatannya saja. “Saya berjanji untuk Dirjen bahwa akan mengawal DD ini agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tambahnya

Untuk menjawab itu semua,  Walikota Ambon ini,  telah memerintahkan  kepala dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (P3AMD) Kota Ambon, untuk segera melakukan evaluasi dan mengawal pelaksanaan penyerapan dan pemanfaatan DD maupun ADD.

“Dengan demikian bagi Kepala Desa yang tidak datang pada acara ini, saudara berdoa agar tidak ada masalah, kalau ada masalah saya suruh proses dan tidak akan membela,” ancam Richard.

Tak hanya itu, kepala desa diminta untuk memanfaatkan DD dengan memperhatikan para pendamping  “Dengan pemanfaatan Dana Desa dengan baik,  maka akan memberikan peluang bagi kesejahteraan Masyarakat yang ada di desa,” paparnya.

Menurutnya, dengan memanfaatkan DD maupun ADD dengan baik pada tahun akan meminilir jarak,  antar wilayah desa satu dengan desa lainnya.(K001)