Utama

PEMKOT AMBON WAJIBKAN PAKAI BAJU CELE

Kabarbeta.com,Ambon–Upaya untuk terus melestarikan budaya tradisional supaya tak hilang, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) Ambon mengeluarkan kebijakan baru, yakni dengan memberlakukan pemakaian baju tradisional daerah Maluku bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota Ambon.  Ini dilakukan untuk mempertegas dan memperkuat identitas  serta karakter orang Ambon.

“Kita berharap,  kebijakan pengunaan busana tradisional sebagai baju bagi ASN ini,  mendapat dukungan dari semua pihak,” penegasan ini sampaikan Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, Anthony Gustav Latuheru, kepada wartawan di Pemkot Ambon, Rabu (7/2).

Dalam waktu dekat,  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mulai memberlakuan penggunaan baju/busana tradisional Maluku bagi para ASN di lingkup Pemkot Ambon.  Para ASN di. Lingkup pemkot Ambon, diwajibkan memakai baju kurung atau baju cele,  setiap tanggal 7 bulan berjalan.

“Saat ini, kita sudah mulai melakukan sosialisasi terkait pemberlakuan pemakaian baju cele ini” ungkap Latuheru.

Ia menjelaskan, pemakaian Baju cele ini umumnya hanya di pakai pada saat atau moment moment tertentu saja. Biasanya pada saat upacara-adat, Panas Pela, Cuci Negeri maupun Pelantikan Raja.

“Untuk itu, agar pelestarian budaya melalui pemakaian Baju Cele ini, kita tetapkan pemakaian nya setiap Tanggal 7 bulan berjalan.  Dan momentum  Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon pada tgl 7, kita akan mewajibkan para ASN di lingkup Pemkot Ambon,    mamakai Baju Cele.  Warnanya hijau dengan simbol/lambang berarna kuning” Jelas Sekot mengakhiri. (K001)