Potret Berita Umum

Pemkot Ambon Sasar Pemukiman Miskin

 

KabarBeta.com, Ambon–Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Ambon, di tahun 2018 ini, akan menggenjot 4 program skala prioritas, yakni,  peningkatan kualitas rumah bberpenghasilan rendah, Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM), prasarana autotilitas pada lingkungan dan Pembuatan air limbah untuk Septi tank.

Untuk menggenjot program-program tersebut, bulan ini,  dinas PRKP akan berkonsultasi ke Jakarta untuk memastikan soal lokasi dan anggaran, karena kegiatan ini didanai oleh APBN.  Demikian disampaikan Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Dinas PRKP Kota Ambon Rustam Simanjuntak, ST. MT di Ambon, beberapa waktu lalu.

Ada dua lokasi yang akan dijadikan sasarana kegiatan ini, antara kain: Kelurahan Pandan Kasturi dan Batu Merah. Selain itu, ada dua program untuk skala lingkungan sasarannya di tiga kelurahan yaitu Kelurahan Pandan Kasturi, Karang Panjang dan Batu Merah. Sementara kegiatan SLBN (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan lokasi sasaran Kelurahan Amantelu, Batu Gajah, Batu Merah 1, 2, dan 3, Kelurahan Benteng, Karang Panjang, Kudamati, Silale, Wainitu, Desa Soya, Amahusu, Passo, Latuhalat, Tawiri, Halong, Kelurahan Ahusen, Kelurahan Batu Meja dan Desa Batu Merah,”ulasnya. Dikatakan, untuk Septi tank terdiri dari dua jenis yakni lndividu, dan komunal.

Untuk komunal diperuntukan bagi 10 KK sedangkan individu untuk pribadi, yang dibangun tidak di dalam rumah.  (KB-SH)