Potret Berita Slideshow

GEMPA BUMI JUGA DI AMBON DAN PULAU SERAM

Kabar Beta.com,Ambon–Wilayah Ambon dan Pulau Seram diguncang gempabumi magnetido berkekuatan 5,0 Skala Richter (RS), Jumat (16/02) pukul 15.40.22 WIT.
“Gempa bumi itu terjadi dengan koordinat episenter pada 4,02 LS dan 129,51 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 103 km Barat Daya Seram Bagian Timur, Propinsi Maluku pada kedalaman 41 km,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi melalui rilis yang diterima redaksi www.kabarbeta.com, Jumat (16/02).

Menurut Riyadi, ampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berpotensi dirasakan di daerah Ambon dan Masohi dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI).
Terkait gempabumi tersebut belum ada informasi kerusakan dari warga setempat.
Gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal yang terjadi akibat aktivitas subduksi Seram.
“Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkkan bahwa gempabumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar dengan dengan mekanisme pergerakan dalam mendatar-naik,” jelasnya.
Riyadi menyatakan, sampai jam 16.15 WIB belum ada aktivitas gempabumi susulan. Riyadi meminta masyarakat di sekitar wilayah Pulau Seram dan Ambon dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(KB-AA)