Politik

DPW PPP Maluku, Lolos Verifikasi Faktual

Kabarbeta.com, Ambon–Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Maluku, dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, setelah menyerahkan dokumen perbaikan administrasi.

Penyerahan berkas perbaikan administrasi ini, dilakukan secara langsung oleh Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW PPP Maluku, Hendra Anwar Suat di kantor KPU Maluku, Jalan  Sultan Hasanudin, Tantui Ambon, Senin (5/2).

Penyerahan berkas perbaikan administrasi ini meliputi kelengkapan dokumen berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) tiga puluh persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan DPW PPP Maluku, sesuai Surat Keputusan (SK) DPP. “Waktu verifikasi awal, kita dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS), karena dari pemeriksaan KPU ditemukan, sejumlah KTA keterwakilan tiga puluh persen perempuan sesuai SK, belum lengkap. Tapi sekarang sudah kita lengkapi, dan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh KPU”ungkap Hendra.

Penyerahan dokumen kelengkapan administrasi DPW PPP Maluku ini, secara langsung di terima oleh ketua KPU Maluku, bersama sejumlah komisioner KPU lainnya.

Sebelumnya, saat verifikasi faktual yang dilakukan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi  Maluku, pada 29 Januari 2018 lalu, KPU menyatakan DPW PPP Maluku BMS karena tidak memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen. Selain itu, nama di KTP tidak sesuai dengan KTA.

Verifikasi faktual ini mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK), berkaitan dengan keanggotaan kepengurusan Parpol, keterwakilan 30 persen perempuan serta domisili kantor Parpol.(K001)