Potret Berita Utama

Anak-Anak di Kota Ambon, Akan di Bekali KIA

Dikatakannya, setelah melakukan lounching nanti, maka semua anak yang sudah masuk di Kartu Keluarga (KK) dan sudah punya NIK,  akan diterbitkan KIA.

KIA ini bisa dikatakan merupakan KTP anak sebab semua berbasis NIK. ‘’Jadi kalau ada anak yang dibawah 17 Tahun yang Akta Kelahirannya belum ada NIK harus diganti, karena persayaratan dasar harus pakai NIK,’’ jelasnya.

Menurutnya, KIA ini merupakan KTP anak.  Karena sampai saat ini yang memiliki KTP adalah anak atau warga yang berusia 17 tahun keatas”Kita bisa lihat sendiri, bahwa anak dibawah 17 juga mempunyai kebutuhan lain untuk registrasi misalnya membuka rekening, membeli tiket dan lainnya”tambah Haurissa.

Lebih jauh dia menjelaskan, kebutuhan KIA bagi anak-anak sudah sangat mendesak”Mau urus BPJS Kesehatan, buka rekening di bank, tidak perlu kagi mengambil surat keterangan di sekolah, karena sudah ada NIK pada KIA anak tersebut, yang masa berlalunya sama seperti KTP yakni lima tahun”ulas Haurissa.

Tahap pertama, Disdukcapil Ambon mengarahkan KIA untuk anak usia 0 tahun, yakni anak usia PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

Untuk bayi yang baru lahir, Disdukcapil juga telah menyiapkan program ‘Tapalang’  atau tiada anak pulang tanpa bawah Akte kelahiran dengan bekerjasama dengan rumah sakit di Ambon.

“Untuk Tapalang, kita sudah bekerjasama dengan RS Sumber Hidup dan RS Al Fatah.  Kedepannya, kita berharap,  hubungan kerjasama ini akan dilakukan dengan semua rumah sakit yang menangani kelahiran di Ambon”pinta Haurissa. (KB-SH)