Selebritis Slideshow

Ambon Dipilih Sebagai Tempat Konferensi Musik Indonesia Pertama

 

KabarBeta.com,Ambon–Kota Ambon dipilih sebagai tempat digelarnya Konferensi Musik Indonesia, yang dilaksanakan 7 sampai 9 Maret mendatang, dengan melibatkan sekitar 300 peserta.

Kegiatan ini, baru pertama kali digelar semenjak perkembangan industri musik Tanah Air dalam 50 tahun terakhir.

Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia (KAMI) Glenn Fredly menjelaskan, pemilihan Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku sebagai tempat pelaksanaan karena musik adalah bagian hidup masyarakat disini. Selain itu, kata Glenn, alasan mendasar Ambon merupakan kota musik sebagaimana yang sudah dicanangkan oleh Unesco.

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah, yang mau menjadikan Ambon dari kota musik menuju kota musik dunia,” tandasnya Glenn Fredly saat memberikan keterangan pers didampingi Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan pihak pelaksana lainnya, Selasa (27/02/18).

Glenn mengatakan, kegiatan ini juga sejalan dengan program-program pemerintah dalam pengembangkan kembali sekolah musik serta rumah rekaman.

Lebih lanjut Glenn mengatakan, konferensi ini, diikuti sekitar 300 peserta dan diharapkan sebagai wadah bagi pelaku industri musik guna menciptakan tatanan ekosistem musik berkelanjutan. Sebab juga menghadirkan menteri dan para narasumber lainnya guna berdiskusi.

Selain itu, Kata Glenn, lewat diskusi antara pelaku industri dan pemerintah diharapkan juga mendorong kekuatan ekonomi kreatif Indonesia.“Konfrensi musik ini adalah inisiatif bersama dalam upaya membangun ekosistem musik yang terkelola berkelanjutan dan berdaya saing di era digitalisasi,” jelasnya.

Pelaksanaannya nanti mulai dari 7 sampai 9 Maret mendatang, dengan serangkaian kegiatan diantaranya konferensi, lokakarya dan festivafal musik. Tema kegitan ini yakni, Raya Nada untuk Indonesia.

Glen menambahkan, semenjak perkembangan industri musik Tanah Air dalam 50 tahun terakhir, konferensi musik baru pertama kali digelar dan pilihan tempatnya adalah Kota Ambon.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, sangat menyambut baik  pelaksanan kegiatan ini karena sejalan dengan tujuan, yang ingin menjadikan Kota Ambon menuju kota musik dunia.

“Setelah dicanangkan sebagai kota musik, kini kami berkomitmen menjadikan Ambon menuju kota musik dunia. Itu memang berat, tapi disertai dengan program yang nyata. Untuk itu, direncakan akan memasukan muatan lokal khusus membahas musik,” katanya.(KB-AA)