Politik

SENIN, KPU TETAPKAN PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR

KabarBeta.com,Ambon–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Senin (22/1), akan melakukan pleno penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023 pada Senin, 12 Februari 2018 nanti. Ini dilakukan menyusul, pleno rekapitulasi dukungan perbaikan verifikasi faktual pasangan calon dari jalur perseorangan telah selesai dilakukan,  Minggu 11 Februari 2018.

“Senin 12 Februari akan 2018 besok, kita jadwalkan untuk melakukan pleno KPUD Maluku,  dengan agenda penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku tahun 2018. Sehari kemudian, akan dilakukan pengambilan nomor urut pasangan calon yang direncanakan di Swissbel-hotel.  Dua agenda penting ini, wajib dihadiri para calon tanpa perwakilan atau penghubung,” ungkap Ketua KPUD Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada KabarBeta.com di kantor KPU Maluku, Sabtu (10/2).

Ia menambahkan,  terkait dengan pasangan Cakon Gubernur dan Wakil Gubernur dari jalur perseorangan,  Herman-Vanath (HEBAT) , KPU Maluku sudah melakukan pleno hasil rekapitulasi dukungan perbaikan verifikasi faktual pasangan calon tersebut. Dari data sementara, baru 8 kabupaten/kota yang tuntas perhitungannya. Artinya masih tersisa tiga kabupaten/kota yang belum direkapitulasi hasil dukungannya.

Dari 8 kabupaten/kota itu,  tambah Syamsul,  total dukungan yang Memenuhi Syarat (MS), pasangan HEBAT di kota Tual,  sebesar 1.623. Untuk Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), 5.279 dukungan MS, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 9.162, dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) 4.469 dukungan MS.

Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang merupakan basis Abdullah Vanath, mencapai 11.149. Kabupaten Kepulauan Aru menjadi penyumbang dukungan terbesar bagi Kodoeboen-Vanath pada Verfak putaran kedua ini,  dengan 21.473. Adapun Kota Ambon dukungan MS capai 5.047 dan Kabupaten Buru dengan hanya 9 dukungan MS.

“Sementara dari 8 kabupaten/kota yang sudah diplenokan KPUD Maluku, hasil rekapitulasi dukungan memenuhi syarat (MS) dari calon perseorangan, berjumlaj 58.211,” tandas Kubangun.

Dengan demikian ditambahkanya, tersisa tiga kabupaten yang besok akan diplenokan yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Selanjutnya, pada Senin 12 Februari akan dilakukan penetapan pasangan calon oleh KPU.

“Setelah tiga kabupaten itu selesai, maka Seninnya KPUD akan menggelar pleno untuk menyampaikan hasil verifikasi berkas sekaligus penetapan pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2018-2023,” tutupnya.

Seperti diketahui, adapun dua (2) kontestan Cagub-Cawagub Maluku lain yang menunggu penetapan KPU Maluku yakni pasangan Said Assagaff-Andre Rentanubun (SANTUN) dengan usungan dari tiga partai masing-masing Partai Golkar, Demokrat dan PKS plus PBB selaku partai pendukung. Sementara Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) diusung PDI Perjuangan, Gerindra, NasDem, Hanura, PKB, PPP, PAN, dan PKPI ditambah Perindo selaku parpol pendukung. (K001)